Jumat, 08 Januari 2016

Menjadi Pribadi yang Bermanfaat bagi Orang Lain

Untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain kunci nya adalah kemauan, yaitu kemauan kita memberikan manfaat kepada orang lain. Apa arti kesuksesan kalau pada akhirnya tidak menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain.
Bukankan kita tahu bahwa tidak akan mungkin bisa sukses tanpa bantuan orang lain. Hal ini sudah menjadi kodrat manusia sebagai makhluk sosial.
Seperti Sabda Rasulullah SAW yang artinya : "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. ( HR. Ahmad Thabrani).

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain antara lain :
  1. Berbagi Ilmu ; Semakin kita mengamalkan ilmu dan membagikan ilmu kita kepada orang lain justru ilmu kita akan menjadi bertambah.
  2. Berbagi Nasehat ; Setiap orang butuh nasehat, nasehat adalah tutur kata yang baik yang mengarahkan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik. Ketika kita dinasehati seseorang alangkah baiknya kita mendengarkan dan merubah kesalahan atau kebiasaan yang kurang baik.
  3. Berbagi Waktu ; Waktu adalah emas, itu yang sering dijadikan alasan kenapa orang sangat memperhatikan masalah waktu. Dengan berbagi waktu kepada orang lain akan menjadikan kita pribadi yang mau peduli dan memperhatikan orang lain.
  4. Berbagi Ide ; Ide terkadang adalah bentuk bantuan yang sangat baik bagi orang lain. Betapa senangnya jika ide kita itu bisa bermanfaat dan membantu orang lain.
Beberapa hal diatas hanya sedikit gambaran akan hal-hal yang bisa kita lakukan untuk bisa bermanfaat bagi orang lain, dan masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan dalam hidup ini.

(SL tanggal 8 Januari 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar