Jumat, 18 Desember 2015

Pentingnya Morning Briefing

Briefing adalah pengarahan, Briefing harus diberikan setiap saat kepada semua karyawan dengan tujuan untuk mensosialisasikan atau menyampaikan aturan-aturan dan kebijakan-kebijakan yang ada pada perusahaan. Dan briefing ini harus di biasakan, sebab tidak mudah mengubah kebiasaan briefing yang biasanya tidak ada menjadi ada.
Banyak orang menganggap remeh kebiasaan briefing yang dilakukan setiap hari, padahal sebetulnya briefing sangat penting agar suatu informasi dapat diterima dengan cepat.
Tak perlu menjadi soal mengenai materi briefing yang dilakukan setiap hari, bahkan jika tidak ada materipun setidaknya membiasakan untuk berkumpul bersama setiap pagi. dan jika sudah terbiasa maka apabila ada informasi yang sangat penting, seorang leader tidak perlu susah lagi untuk mengundang rapat atau mengumpulkan para karyawan.
Bahkan hanya dari berkumpul bersama biasanya suatu ide akan muncul secaara tak terduga.
Secara umum tujuan briefing adalah :
  1. Memberikan pengarahan tentang kinerja supaya tetap sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.
  2. Mengingatkan semua karyawan agar selalu menerapkan Standar Operasional Prosedur disetiap pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan.
  3. Menyampaikan informasi-informasi yang di anggap penting dalam melaksanakan pekerjaan.
  4. Menyamakan dan memberitahu pemikiran atau ide-ide yang ada, sehingga semua karyawan sejalan dan mengikuti ide-ide yang baik untuk tujuan kemajuan perusahaan.

Pada perusahaan-perusahaan besar, briefing dilakukan setiap pagi sebelum semua karyawan mulai bekerja. Briefing pagi bertujuan  untuk membahas rencana kerja serta target-target yang akan dicapai. Briefing dilakukan dalam waktu yang bervariasi tergantung kebutuhan, bisa 10 menit, bahkan mungkin pula bisa selama 1 Jam.

Lama atau tidaknya suatu Briefing tergantung dari faktor urgensi materi yang dibahas, namun harus diingat bahwa kunci briefing adalah singkat, padat dan jelas. Jangan membuang-buang waktu dengan membahas sesuatu hal yang sebenarnya tidak membutuhkan banyak waktu. Gunakan bahasa komunikasi efektif, agar pesan-pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh para karyawan.

Itulah beberapa hal seputra briefing, dan pentingnya briefing dalam kehidupan berorganisasi, baik organisasi bisnis, pemerintahan, ataupun lainnya. Jangan sepelekan suatu hal yang kecil, karena hal itua akan berakibat fatal. Briefing adalah hal yang kecil, akan tetapi jika tidak dilakukan maka kegiatan organisasi akan terhambat, karena informasi-informasi penting dan detail tidak akan sampai kepada para karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar